Senin, 30 Mei 2011

MAHLUK ABADI

MAHLUK ABADI

Pada 25 Mei 2011 jam 18:40

Telah ditemukan semacam mikro organisme laut yang disebut Turritopsis Nutricula. Mungkin inilah satu-satunya makhluk yang hidup abadi di dunia.


Awalnya para ilmuwan meneliti penyebab terjadinya ledakan populasi ubur-ubur kecil ini baru-baru ini. Turritopsis Nutricula aslinya berasal dari lautan Karibia yang hangat, tapi sekarang telah menyebar ke seluruh dunia, sampai Amerika, Italia dan Jepang. Sampai akhirnya para ilmuwan menemukan sebabnya. Ubur-ubur ini secara biologis tidak bisa mati. Para ilmuwan mengatakan: diameter Turritopsis Nutricula hanya 4 mm s/d 5 mm, organisme yang sangat kecil ini mempunyai kemampuan kembali muda.



Menurut ilmuwan yang telah lama menyelidiki sekitar 4.000 ekor Turritopsis Nutricula, hasilnya menunjukkan bahwa ubur-ubur semacam ini dapat menjadi kembali muda lagi. Tidak ada satupun yang pernah mati karena unsur mereka sendiri. Ilmuwan menegaskan bahwa: Turritopsis Nutricula adalah satu-satunya biologi yang ditemukan yang dapat kembali dari tahap sexual dewasa ke tahap larva. Proses regenerasi sel ini dalam sains disebut transdiferensiasi (transdifferentiation). Dan ini bisa mereka lakukan secara terus menerus. Artinya: mereka tidak akan menjadi tua... tetap muda terus... dan tidak akan mati secara biologis.


Transdiferensiasi berarti: sel yang mencapai tahap tertentu bisa berubah menjadi sel lain... yang lebih baru dan muda. Sama seperti salamander atau cicak yang bisa mengganti bagian tubuhnya yang rusak (ekor yang putus). Ubur-ubur ini mampu meregenerasi SELURUH sel-sel tubuhnya menjadi muda kembali.

Dalam keadaan normal, ubur-ubur setelah selesai bereproduksi akan mati. Namun Turritopsis Nutricula setelah mencapai kedewasaan sexual akan kembali ke tahap muda dan kembali memulai suatu proses kehidupan yang lain. Dari teori ini dapat dikatakan siklus ini akan berulang terus.

Turritopsis Nutricula termasuk Hydrozoa adalah semacam organisme pemangsa dengan mikro rganisme sebagai makanan utama. Menggunaan metode perambatan vegetatif dan banyak hidup di perairan tropis, juga dapat melekat pada kapal yang berlayar ke seluruh dunia. Oleh karena volumenya yang sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat apakah berdampak pada ekosistem.


Bagaimana Turritopsis Nutricula melakukan proses kembali ke muda...? Ternyata kita masih harus menunggu para ahli biologi laut dan genetika untuk menjawabnya...

Catatan:
Tidak bisa mati secara biologis artinya tubuh dan sel-sel mereka bisa meregenerasi ulang kembali fungsi-fungsi biologisnya sehingga struktur biologis mereka tidak mengalami penuaan. Tapi mereka bisa tetap mati karena faktor-faktor eksternal seperti: dimangsa binatang lain, kerusakan lingkungan ekologis dll...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar